Bukit Sulap merupakan icon dari Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Lubuklinggau adalah salah satu kota di Sumatera Selatan. Meski belum begitu akrab dengan telinga para wisatawan namun kota ini menyimpan beberapa obyek wisata menarik. Salah satunya Bukit Sulap yang berada kurang lebih 2 kilometer dari pusat kota. Selain pemandangan dari atas bukit yang indah terdapat juga sungai dengan air yang jernih. Sehingga kawasan ini cocok untuk wisata alam bagi Anda dan keluarga.

Bukit Sulap merupakan kawasan perbukitan yang cukup besar dengan ketinggian kurang lebih 700 meter dari permukaan laut. Di area tersebut juga dipenuhi tanaman yang tumbuh subur dan asri. Cuacanya juga sejuk sehingga wisatawan bisa betah berada disini.

Di kawasan Bukit Sulap terdapat sungai dengan aliran air yang jernih.

Untuk sampai puncaknya, Anda membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam berjalan kaki. Tak usah khawatir saat menaikinya karena sudah dibangun jalan setapak berbatu dan tanah yang memudahkan wisatawan. Perjalanan ke puncak bukit ini cukup menantang bagi wisatawan dan pencinta alam yang senang berpetualang.

Setelah tiba di puncak, rasa lelah Anda terbayarkan saat melihat panorama sekeliling Bukit Sulap. Anda dapat leluasa memandang keindahan alam Kota Lubuklinggau, apalagi di malam hari akan lebih menarik lagi karena lampu-lampu kota berkelip dengan cantik. Kita bisa menggunakan teropong untuk melihat keindahan Kota Lubuklinggau.

Ada tanaman sejenis bambu yang unik tumbuh di Bukit Sulap. Jika dilihat sekilas bambu ini nampak biasa karena batangnya berwarna seperti warna bambu pada umumnya yakni berwarna hijau bersih.  Namun jika diperhatikan secara seksama dahan dan ranting-rantingnya berwarna kuning serta berduri.

Dari atas Bukit Sulap wisatawan bisa memandang keindahan Kota Lubuklinggau.

Kondisi alam di Bukit Sulap semakin asri dengan adanya sungai yang mengalir di lereng. Sungai dengan air yang bening bernama sungai Kesie. Air di sepanjang sungai ini biasa dimanfaatkan penduduk sekitar. Dengan panorama alam yang indah berwisata ke Bukit Sulap akan memberikan ketenangan dan kesejukan  bagi para wisatawan.

Tak hanya wisata alam yang bisa ditemui di kawasan ini. Di lereng Bukit Sulap terdapat situs berupa empat kuburan yang diberi nama kuburan Bujang Kurap. Bahkan oleh masyarakat Kabupaten Musi Rawas dan Kota Lubuklinggau kuburan tersebut sudah dianggap keramat.

Untuk mencapai obyek wisata Bukit Sulap wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Pemerintah setempat mulai melakukan banyak pembangunan sarana dan prasarana untuk menarik wisatawan ke Bukit Sulap. Sehingga akses menuju obyek wisata tersebut juga makin mudah.

Selama berada di Sumatera Alam, Anda bisa berkunjung pula ke Kota Pagar Alam, membeli oleh-oleh kain songket khas Palembang atau menikmati kelezatan pindang ikan patin.

Anda bisa beristirahat di hotel Horison Palembang, Novotel Palembang Hotel, Grand Zuri Hotel dan Hotel Budi.

Peta lokasi Bukit Sulap di Kota Lubuklinggau

View Larger Map

Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.