Bangunan Museum Balaputradewa nampak dari depan.

Sebagai kota yang sarat dengan nilai historis wajar jika Palembang mempunyai banyak museum. Selama berada di Kota Empek-empek ini Anda bisa berkunjung ke beberapa museum untuk menambah pengetahuan tentang khasanah kebudayaan Indonesia terutama tentang Propinsi Sumatera Selatan. Salah satu museum yang perlu dikunjungi yakni Museum Balaputradewa. Disana Anda bisa melihat sekitar 3.580 buah koleksi benda-benda tradisional Palembang.

Museum ini dibangun diatas lahan seluas 23.565 meter persegi dan memiliki arsitektur bangunan tradisional Palembang. Dulu lahan ini dibeli oleh gubernur Sumatera Selatan pada tahun 1976 untuk dibangun museum. Proses pembangunan dimulai tahun 1978. Kemudian mulai diresmikan sebagai museum pada tanggal 5 November 1984. Awalnya nama museum ini adalah Museum Negeri Propinsi Sumatera Selatan. Namun setelah SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1223/1999 tanggal 4 April 1990 turun, museum ini diberi nama Museum Negeri Propinsi Sumatera Selatan Balaputradewa. Nama ‘Balaputradewa’ merupakan salah seorang raja Sriwijaya yang sangat terkenal. Ia memerintah pada abad ke VIII-IX dan membuat Sriwijaya menjadi kerajaan maritim yang disegani.

Beberapa koleksi di Museum Balaputradewa.

Koleksi museum Balaputradewa menggambarkan corak ragam kebudayaan dan alam Sumatera Selatan seperti benda sejarah bernilai histrografi, etnografi, feologi, keramik, teknologi modern, seni rupa, flora dan fauna serta geologi. Di dalam museum Anda juga bisa melihat binatang yang diawetkan dari berbagai daerah di Sumatera Selatan dan beberapa miniatur rumah pedalaman. Tidak hanya itu, juga terdapat prasasti arca kuno yang pernah ditemukan di Bukit Siguntang, batu-batu ukir raksasa dari jaman Megalitikum dan masih banyak lagi.

Benda-benda bersejarah tersebut ditempatkan pada 3 buah ruang pameran yang dikelompokan menjadi ruang pamer zaman prasejarah, kesultanan Palembang Darussalam dan masa perang kemerdekaan serta tambahan rumah Limas.

Pemandangan di dalam komplek Museum Balaputradewa.

Museum Balaputradewa terletak di Jalan Srijaya Negara I Nomer 288. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan umum dengan trayek Km 12 atau bisa juga menggunakan Transmusi. Museum Balaputradewa terbuka untuk umum mulai pukul 09.00 hingga 15.00 kecuali hari Senin. hari Minggu dibuka sejak pukul 08.00 hingga 14.00. Anda cukup membayar tiket seharga Rp 2 ribu hingga Rp 3 ribu per orang untuk masuk ke dalam museum. Meskipun wisata sejarah kurang diminati namun jika bukan kita yang mencintai sejarah dan budaya negeri sendiri lalu siapa lagi. Selamat berwisata!

Selain melihat koleksi sejarah di Museum Balaputradewa, museum lain yang bisa dikunjungi yakni Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Monumen Perjuangan Rakyat atau bisa juga menikmati suasana alam di Bukit Siguntang.

Anda bisa menginap di hotel Horison Palembang, Grand Zuri Hotel, Best Skip Hotel, Grand Zuri Hotel.

Peta lokasi Museum Balaputradewa

View Larger Map

Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.