Air terjun Lematang merupakan obyek wisata unggulan di kota Pagar Alam.

Selain berwisata menyusuri Sungai Musi, di Palembang juga ada obyek wisata air lainnya. Namanya air terjun Lematang. Disini Anda bisa menikmati segarnya air terjun yang mengalir dari ketinggian 40 meter. Pepohonan nan hijau dan suara gemericik air mempercantik panorama alamnya.

Cuaca di kota Empek-empek yang cenderung panas membuat obyek wisata di daerah sejuk menjadi favorit wisatawan. Air terjun Lematang terletak di pinggir jalan raya tepatnya di tikungan tajam dan jalanan yang menanjak menuju ke kota Pagar Alam.

Untuk mencapai lokasi air terjun, para wisatawan harus menuruni anak tangga. Di sepanjang perjalanan terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan kecil. Tersedia pula tempat duduk yang bisa digunakan wisatawan untuk beristirahat sejenak. Jika musim hujan, Anda harus berhati-hati saat menuruni anak tangga karena sedikit licin.

Tiba di bawah air terjun, Anda bisa bermain air sepuasnya. Di sekitarnya mengalir sungai jernih dan dihiasi bebatuan besar. Pohon-pohon yang besar dan rindang membius para wisatawan untuk berlama-lama disana. Tak perlu khawatir jika baju Anda basah kuyup tersedia juga fasilitas kamar mandi.

Air terjun dengan ketinggian 40 meter serta panorama alam yang cantik di sekitarnya.

Kota Pagar Alam sudah tersohor dengan sebutan kota seribu air terjun. Setidaknya ada 34 air terjun yang ada di kota Pagar Alam. Selain Lematang yang sudah terkenal ada juga air terjun air terjun Rimau, air terjun Kincir, air terjun Namling, air terjun Pancar, air terjun Cungkuh 7 Tingkat, air terjun Tujuh Kenangan dan lain-lain.

Untuk memasuki air terjun Lematang, Anda cukup membayar Rp 4 ribu. Akan lebih nyaman jika Anda membawa alas atau tikar yang bisa digunakan untuk beristirahat sambil menikmati keelokan alamnya.

Di bawah air terjun Lematang para wisatawan bisa bermain di sungai yang jernih.

Air terjun Lematang berada kecamatan Dempo Utara, kota Pagar Alam. Tepatnya 10 km dari pusat kota Pagar Alam. Jika ditempuh dari kota Palembang akan memakan waktu sekitar 6  jam dengan jarak tempuh sekitar 298 km. Anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jalan menuju lokasi air terjun ini kondisinya baik karena merupakan jalan utama kabupaten namun cukup banyak tikungan dan berliku-liku. Obyek wisata ini sangat ramai dikunjungi wisatawan di hari libur maupun akhir pekan.

Selain mengunjungi air terjun Lematang, Anda bisa juga mampir ke Pulau Kemaro, Taman Wisata Puntikayu atau Bukit Siguntang.

Setelah puas bermain air, Anda bisa kembali ke pusat kota Palembang dan menginap di hotel Horison Palembang, Best Skip Hotel, Grand Zuri Hotel.

Peta lokasi sekitar air terjun Lematang

View Larger Map

Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.