Pasir putihnya halus dan cemerlang. Bibir pantainya dipenuhi rimbunan nyiur. Beberapa sudut pantai terdapat bebatuan besar yang eksotis. Sepanjang mata memandang adalah hamparan biru air laut dan bentangan langit yang luas. Keindahan bawah lautnya penuh dengan biota laut yang kaya dan penuh pesona. Itulah gambaran singkat tentang Pantai Trikora di Pulau Bintan, Kepulauan Riau, tepatnya di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang.

Pantai ini menjadi tempat wisata yang pas untuk keluarga. Disini Anda bisa bermain pasir sepuasnya dengan pasir super halus yang konon menjadi yang terbaik se-Asia Tenggara. Selain itu kita bisa bermain sepakbola, jalan santai, berendam di laut atau sekedar duduk di tepian. Di pinggiran pantai, Anda bisa melihat berbagai macam tumbuhan dan binatang laut berukuran kecil. Jika ingin melihat lebih banyak lagi, kita bisa snorkling atau diving hingga ke dasar laut. Karang-karang cantik, tumbuhan laut, ikan dan berbagai bentuk kerang laut akan menyambut Anda di sana. Asyiknya lagi, matahari masih bisa menembus perairan ini hingga dasar laut, pecinta foto underwater tidak akan kesulitan mendapatkan objek cantik untuk diabadikan. Oya, akibat sinar matahari yang menimpa aneka terumbu karang ini, permukaan pantai Trikora akan merefleksikan aneka warna seperti hijau, hijau agak pekat, biru muda dan biru pekat. Warga setempat menyebutnya dengan warna “lancang kuning”, karena mirip dengan warna di legenda perahu “Lancang Kuning Berlayar Malam” .

Bagi yang mempunyai hobi memancing, pantai ini juga kerap digunakan warga sebagai tempat untuk mengail ikan. Memancing ikan disini caranya cukup unik. Anda harus masuk kelaut sampai kedalaman sepinggang. Bawalah semua peralatan termasuk aneka kudapan yang diperlukan. Umpan diletakkan kedalam plastik, diberi tali dan digantungkan ke leher. Tempat ikan berupa lingkaran jaring yang dapat dibuka tutup. Tempat ikan ini selalu dalam kondisi terendam air agar ikan yang ada didalamnya tetap segar hingga dibawa pulang.

Selama bermain di pantai ini, Anda tidak perlu takut terbakar matahari karena pohon kelapa rimbun memayungi setiap pelancong yang ingin menikmati suasana pantai Trikora. Beberapa bebatuan besar menjorok ke laut menambah pesona pantai ini sekaligus menjadi objek yang bagus bagi para fotografer yang sedang photo hunting disini.

Asal muasal nama pantai Trikora berasal dari 2 cerita yang berbeda. Cerita pertama menyebutkan bahwa Trikora berasal dari kata “three corals” yang diucapkan seorang warga asing kepada masyarakat setempat. Tanpa tahu apa artinya kata-kata tersebut menyebar keseluruh penduduk sekitar pantai. Pendapat lainnya mengungkapkan nama trikora merujuk pada peristiwa konfrontasi Indonesia dengan Malaysia pada tahun 1961 yang dilatarbelakangi ketidaksetujuan Indonesia dengan rencana penggabungan antara Brunei, Sabah, Serawak oleh Inggris.

Disekitar pantai terdapat beberapa tempat bersantai mirip pondokan kecil yang terbuat dari bambu. Berdiri juga hotel, kolam renang, kolam pemancingan, lapangan tenis, restoran dan kedai yang menjual kelapa muda nan segar. Turis yang ingin merasakan makanan khas pulau ini bisa membeli otak-otak yang terbuat dari ikan laut yang dibungkus dengan daun rumbia. Seporsinya berharga Rp. 10.000.

Untuk mencapai Pantai Trikora tidaklah sulit. Pesawat dari Jakarta menuju Tanjung Pinang biasanya membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam. Setibanya di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang, Anda bisa naik taksi ke Pantai Trikora. Perjalanannya dari bandara ke pantai membutuhkan waktu sekitar 65 menit. Perjalanan darat menuju pantai inipun cukup menyenangkan karena pemandangan pesisir pantai akan menjadi teman Anda. Dari kejauhan tampak pulau-pulau kecil plus nelayan dan sampan yang menjadi hiasan pantai. Wisata pantai yang murah meriah ini selalu disesaki wisatawan khususnya saat hari libur.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.