Mungkin belum banyak yang mendengar nama Pulau Morotai. Pulau ini berada di kepulauan Halmahera, Propinsi Maluku Utara, Indonesia Timur. Akhir-akhir ini Morotai banyak disebut wisatawan baik domestik maupun luar negeri karena menjadi tuan rumah Sail Morotai 2012. Tidak itu saja, pulau terluar Indonesia ini menyimpan sejarah dan keelokan alam yang akan membuat Anda berdecak kagum.

Daya tarik utama Pulau Morotai adalah kekayaan bawah lautnya yang menyediakan 25 titik penyelaman terbaik. Ada Tanjung Wayabula, Dodola Point, Batu Layar Point, Tanjung Sabatai Point, Saminyamau Point dan lain-lain. Keindahan kehidupan laut Morotai inilah yang memberikan kejutan dan sensasi luar biasa, apalagi bagi mereka yang menyukai olahraga air dan petualangan. Sempatkanlah untuk melakukan snorkling di Morotai. Anda akan melihat perairan jernih biru tua ini berpadu dengan biota yang keragaman dan keindahannya masih sangat terjaga. Ikan-ikan unik dan penghuni lainnya hidup bebas diantara terumbu karang dan bekas-bekas reruntuhan kapal. Mutiara di bibir pasifik – julukan Morotai- memang menyimpan potensi bahari yang  sangat besar. Di perairannya terdapat sekitar 160 jenis ikan bernilai ekonomis tinggi mencapai 148.473,8 ton per tahunnya. Tak heran jika selain sebagai kawasan wisata bahari, Morotai juga merupakan pusat perikanan terpadu. Objek wisata pantai yang bisa kita sambangi saat ke Morotai cukup banyak. Ada pantai Kupakupa, pantai Dorume, pantai Luari, pantai Gamlaha dan pantai Pitu. Sedangkan wisata bawah lautnya ada di pulau Kumo, pulau Sumsum, pulau Meti, pulau Rorangane dan pulau Tagalaya.

Tidak hanya panorama lautnya saja yang elok. Daratannya pun indah. Hamparan pasir putih yang masih bersih menunjukkan pantai-pantai di pulau ini masih perawan. Jarang wisatawan yang menjadikan Pulau Morotai menjadi destinasi wisata. Kendati sinar matahari berlimpah, namun view daratan Morotai tetaplah sayang jika dilewatkan begitu saja. Oya, pemandangan sunset dan sunrise-nya kerap menjadi buruan para penghobi fotografi. Momen matahari terbit dan tenggelam akan memanjakan mata siapapun yang liburan di Morotai.

Pulau ini luasnya hanya 1.800 kilometer persegi dengan total populasi sekitar 53.000 jiwa. Morotai adalah salah satu kabupaten definitif baru yang diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri, Mardiyanto pada 29 Oktober 2008 sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Halmahera Utara. Kelengkapan transportasi di Morotai secara umum cukup baik, walaupun kini perbaikan dan pembangunan memang terus dilakukan. Kota paling besar disini adalah Daruba yang berlokasi di sebelah selatan. Di bagian utara Morotai berbatasan dengan Filipina dan di bagian timurnya adalah Samudera Pasifik. Lokasi pulau yang strategis in dapat dijadikan pintu masuk negara-negara Asia pasifik dan diharapkan menjadi salah satu tujuan wisata bahari sekaligus wisata sejarah Perang Dunia II yang menjanjikan.

Ya, selain sering disebut sebagai “East Indonesia Paradise” Morotai juga sering dijuluki sebagai “The Memory Island” atau Morotai Pulau Kenangan karena pada saat perang Pasifik (Perang Dunia II), Morotai dua kali mengalami pendudukan tentara asing. Jepang pada 1942 di bawah pimpinan Jenderal Kawashima serta tentara sekutu pada 1944 di bawah komando Jenderal Douglas McArthur. Nah, agar mengetahui bagaimana jejak sejarah Morotai di masa lalu, mampirlah ke Meriam Pune, terowongan Jepang PD II, Bunker dan Meriam Kao serta Museum PD II yang akan diresmikan bersamaan dengan acara puncak Sail Morotai 2012 oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, 15 Semptember. Beberapa peninggalan sejarah yang masih terpendam, rencananya juga akan dikaji oleh pemerintah setempat.

Tunggu apa lagi, datanglah ke Morotai, keindahan alam dan daya tarik wisata sejarahnya layak untuk dieksplorasi.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.