Muay Thai

Kepalan pada Muay Thai Kuno

Bela diri Muay Thai muncul ketika terjadi peperangan dengan Birma (sekarang Myanmar) pada abad ke-15. Seni bela diri ini sekarang mulai dikenal di seluruh dunia karena gerakan-gerakannya yang terkesan ’keras’. Bela diri ini adalah olah raga tradisional Thailand. Dalam kejuaraan, kedua petarung menggunakan semua bagian tubuhnya (kecuali kepala) untuk menjatuhkan lawan. Sasarannya adalah semua bagian tubuh, tetapi sasaran utamanya adalah kepala lawan. Bahkan, memegang kepala lawan untuk kemudian dibenturkan pada lutut diperbolehkan dalam olah raga ini. Biasanya bagian tubuh yang banyak dipergunakan untuk menyerang adalah kedua tangan, kedua kaki, kedua siku, dan kedua lutut.

Olah raga ini telah mengalami banyak perubahan dari versi aslinya, di mana dahulu para petarung membalut tangan dengan kain tebal dan mencelupkannya ke dalam lem dan sesudah itu mencelupkan tangan pada pecahan kaca untuk memberikan efek mematikan pada lawan. Meskipun banyak perubahan yang telah dilakukan untuk mengurangi resiko cedera atau bahkan kematian, olah raga ini masih dianggap sebagai olah raga yang sarat dengan kekerasan dan banyak disebut sebagai pertarungan tanpa senjata yang paling berbahaya.

Satu pertandingan Muay Thai terdiri dari lima ronde di mana setiap ronde berlangsung selama tiga menit.  Selama lima ronde ini Anda akan disuguhi dengan pertarungan yang penuh dengan kekerasan, seperti tendangan ke arah leher, sikutan ke kepala, benturan lutut ke tulang rusuk atau bahkan ke kepala, beradunya tulang kering, dan masih banyak lagi. Pukulan dianggap sebagai serangan yang paling lunak, dan tendangan juga dipandang hanya sebagai sarana untuk melemahkan lawan. Pada umumnya pertandingan diakhiri dengan serangan dengan lutut atau siku.

Apabila Anda sedang berada di Phuket dan merasa cukup bernyali untuk menyaksikan pertarungan yang keras semacam ini, Anda bisa datang dan menyaksikan pertandingan ini di Patong Boxing Stadium di Jalan Sai Namyen. Ini adalah tempat yang sangat tepat untuk melihat bagaimana pertarungan ini dapat menyengat Anda dan memacu adrenalin Anda.

Pertandingan Muay Thai

Akan dipastikan stadion penuh dengan suara hiruk-pikuk penonton yang mendukung masing-masing petarung. Di sekitar ring adalah bangku penonton dengan harga paling mahal. Dan semakin menjauh, Anda dapat menemukan tempat duduk berwarna biru yang tentu saja Anda tidak akan dapat melihat pertandingan secara detil.

Pertandingan berlangsung pada hari Senin dan Kamis dari pukul 21.00 – 23.30. Untuk karcis masuk seharga Rp 390.000,00 untuk dewasa dan Rp 330.000,00 untuk anak-anak. Untuk anak-anak di bawah 4 tahun tidak dikenakan biaya.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.