China Town

chinatown-300x230Seluruh dunia di setiap kota besarnya pasti ada chinatown, begitu juga dengan Singapore. Disini ada banyak toko-toko yang menjual souvenir-souvenir yang memiliki hubungan dengan budaya Cina, yang pasti tidak ketinggalan souvenir khas Singapura. Selain toko-toko souvenir ada juga restaurant chinese, pub, kelenteng, kuil hindu dan juga hotel-hotel murah. Salah satu yang terkenal adalah tempat jajan atau makannya, dimana satu jalan khusus ditutup untuk dijadikan tempat makanan, sebutannya ChinaTown Food Street. Dipinggir-pinggir trotoar ada banyak stall-stall makanan dan para penikmat makanannya makan benar-benar ditengah jalan.

MRT terdekat: Chinatown (NE4). Klik disini untuk melihat Peta MRT.

Informasi tambahan mengenai Chinatown bisa dibaca disini.

Little India

Pada saat sekarang ini, Little India merupakan titik sentral masyarakat India Singapura. Jalan-jalannya yang beraroma rempah mengundang Anda ke area yang berlimpah dengan perhiasan etnik, rangkaian melati, serta sari sutra. Mulai dari Tekka Centre dan Little India Arcade yang besar sampai ke toko kelontong kecil, Little India penuh dengan berbagai benda menarik untuk ditemukan. Pada saat Deepavali (umumnya antara Okt/Nov), yaitu Festival Cahaya India, Little India berubah menjadi negeri dongeng penuh dekorasi meriah, dan jalan-jalannya yang terang benderang penuh sesak dengan pembelanja. Saksikan pula iman para umat Hindu saat ritual Thaipusam yang penuh warna, setiap Januari/Februari. Kuil-kuil yang penuh warna berdampingan damai dengan gereja dan masjid, peramal dengan kakaktua membuka kiosnya di kakilima, serta aroma rempah yang menghampiri dari restoran dan rumah makan. Jangan meninggalkan Little India tanpa tattoo sementara Henna, atau mencicipi “Teh Tarik”, yaitu secangkir teh yang ditarik tangan.

Cara ke Sini Naiklah jalur bis timur laut (north east line) ke NE7, stasiun Little India atau naik bis SBS nomor 65 dari Orchard Road, turun di Tekka Market di sepanjang Serangoon Road. Klik di sini untuk melihat peta rute MRT. Informasi tambahan mengenai Little India.

Kampung Arab (Arab Street/Kampong Glam)

Source: visitsingapore.com

Arab Street adalah pusat masyarakat Muslim di mana dahulu menjadi tempat penjualan utama dari tutup kepala laki-laki Muslim (songkok), kitab suci Al’Quran, sajadah dan tekstil. Saat ini, kebanggaan utama dari Kampong Glam dan Arab Street adalah tekstil. Bal-bal kain sifon, sutra, katun georgette dan kain mewah lainnya memenuhi trotoar, dalam corak warna bagai pelangi. Daerah ini juga terkenal untuk batik dari Indonesia dan Malaysia, kain buatan tangan yang sangat indah dengan metode pencelupan lilin dan biasanya dijual sepanjang sarung. Batik cetak mesin dengan rancangan tradisional juga tersedia dalam satuan meter atau dalam bentuk celana pendek, baju santai, dasi, taplak meja dan berbagai barang jadi lainnya.

Terletak di North Bridge Road. Di daerah ini terletak Mesjid Sultan (Sultan Mosque) dan Malay Heritage Centre. Daerah ini merupakan perkampungan orang arab. Jadi Singapore ini benar-benar negara kecil yang beraneka-ragam penduduknya.

Cara ke Kampung Arab (Arab Street/Kampong Glam): MRT stasion Bugis.

Downtown East (Daerah Timur Pusat Kota)

wild-wild-wetTempat ini berada di wilayah paling timur Singapura. Kalau di peta, posisinya sedikit di atas Changi. Di tempat ini pemerintah Singapura membangun sebuah tempat wisata yang sebetulnya meniru konsep ancol. Di daerah ini terdapat Taman wisata Escape Theme Park (seperti Dufan), Wild Wild Wet (seperti Gelanggang Samudera-Tempat Bermain Air), Costa Sands Resort , Orchid Bowl (tempat main bowling), Explorer Kids (tempat bermain untuk anak-anak di bawah 12 tahun) dan NTU Club SPA (tempat spa). Untuk informasi tiket masuk bisa berubah setiap saat tergantung dengan promosi yang sedang ada, silahkan cek langsung di website Downtowneast.

Cara ke Downtown East Singapore: Naik MRT ke Pasir Ris Station (EW1) lalu naik bis SBS nomor 3, 6, 12, 17, 21, 89,354, 358 dari tempat pergantian bis (bus interchange) atau berjalan selama 5 menit untuk mencapai NTUC Lifestyle World.

Raffles Landing Site


Tempat pendaratan pertama Gubernur Singapore Sir Stamford Raffles. Di area ini yang menghadap Sungai Singapore, terdapat patung replika Raffles yang berwarna putih. Patung asli yang terbuat dari perunggu berwarna hitam terletak di Victoria Concert Hall, sekitar 500 meter dari tempat ini. Tempat menarik di sekitar ini: Clarke Quay, Masjid Omar Kampong Malaka, Kuil Tan Si Chong Su, Esplanade, Patung Merlion, Berlayar di Sungai Singapore dan Asian Civilisations Museum ata Empress Place.

Cara Ke Raffles Landing Site: MRT terdekat Raffles Place.

Untuk melihat informasi wisata singapura yang lebih lengkap silahkan kunjungi blog Wisata Singapura.

*Dapatkan tiket murah dan hotel murah di Singapura di link tersebut.